Sejarah Singkat perjuangan Bangsa Indonesia

Sejarah Singkat perjuangan Bangsa Indonesia
-
Indonesia pertama kali dijajah oleh bangsa-bangsa Eropa, terutamabangsa Belanda yang menjajah bangsa Indonesia selama 350 tahun.Selama itu juga bangsa indonesia banyak sekali melakukanperlawanan, tapi sayangnya perlawanannya bersifat kedaerahan.Sehingga bangsa Belanda mudah menumpasnya.
-
Setelah Belanda melakukan politik Etis, sehingga bangsa indonesiadiperbolehkan untuk mendapatkan pendidikan. Sehingga banyakkaum terpelajar yang ingin bangsa Indonesia terbebas dariPenjajahan. Dan muncullah Organisasi-organisasi pemuda yang mulaimenentang bangsa Belanda. Dan puncaknya pada tanggal 28 Oktober1928 para pemuda diseluruh Indonesia melakukan Sumpah Pemudasehingga perjuangan bangsa Indonesia bersifat Nasional.
-
Setelah itu datang bangsa Jepang, yang menjanjikan bangsaIndonesia kemerdekaan. Tetapi bukan kemerdekaan yang didapatmalah bangsa Indonesia dijajah kembali selama 3,5 tahun danselama itu juga bangsa Indonesia sangat menderita.
-
Pada saat Jepang menyerah kepada sekutu, bangsa indonesiamemanfaatkannya untuk memproklamasikan kemerdekaan. Yangbertepatan pada tanggal 17 Agustus 1945.
-
Walaupun setelah bangsa Indonesia merdeka, Belanda dansekutunya berusaha untuk menjajah kembali Indonesia. Tapi bangsaIndonesia berusaha untuk mempertahankannya.
-
Oleh karena itu, kemerdekaan bangsa Indonesia harus kita jagakarena kemerdekaan itu didapatkan dengan banyaknya nyawa parapahlawan yang dikorbankan. Dan kita sebagai pelajar harus belajardengan sungguh-sungguh, dan harus bisa menghadapi tantanganGlobalisasi. Sehingga kita tidak bisa dibodohi oleh bangsa lain, yangbisa menjajah kembali Bangsa Indonesia.

0 comments:

Post a Comment